5 Perbedaan Botox dan Filler, Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda!

by

Ada banyak cara untuk mempercantik diri dan mengurangi kerutan di wajah, di antaranya yaitu melalui botox dan filler. Tetapi, meski sama-sama mempercantik, tahukah Anda apa perbedaan botox dan filler?

Sebenarnya, keduanya juga sama-sama merupakan perawatan anti-aging yang diberikan melalui suntikan. Namun jika ditinjau lebih rinci, terdapat beberapa perbedaan antara botox dan filler dari segi manfaat, prosedur, ketahanan, perawatan, hingga efek sampingnya.

Baca Juga: Muncul Kerutan Wajah? Ini 5 Tanda Kamu Butuh Botox Treatment!

5 Perbedaan Botox dan Filler, Ketahui Sebelum Mencoba!

Tren filler dan botox di dunia kecantikan adalah dua perawatan populer yang kini berhasil menggeser tren operasi plastik. Supaya tidak salah pilih, kenali 5 perbedaannya berikut ini!

1. Manfaat

Dari segi manfaat secara umum, sebenarnya baik filler maupun botox sama-sama dapat mengurangi kerutan. Namun secara spesifik, botox umum digunakan untuk mengatasi kerutan yang terbentuk akibat ekspresi wajah sehari-hari seperti mengernyit, marah, atau bahkan tersenyum.

Sementara, filler berfokus pada penambahan volume jaringan lunak di bawah bibir, kantung mata bawah, pelipis, hingga pipi yang cenderung menipis akibat terjadinya penuaan. Selain itu, filler juga kerap dilakukan untuk perawatan tangan serta sebagai treatment mengurangi bekas luka.

2. Prosedur

Secara keseluruhan, prosedur botox dan filler sama-sama menggunakan jarum suntik. Tapi bahan yang digunakan di dalam prosedurnya berbeda, sebab cara kerjanya juga berbeda.

Karena cara kerja botox adalah mengurangi aktivitas saraf otot agar lebih rileks, maka botox menggunakan bahan protein dari bakteri Clostridium botolinum. Sementara, bahan yang digunakan untuk filler bisa berbeda-beda sesuai masalah kulitnya. Namun bahan yang umum dipakai yaitu asam hialuronat serta kalsium hidroksiapatit.

3. Efektivitas dan Ketahanan

Hasil dari prosedur botox sebenarnya tidak bisa muncul secara instan, sebab butuh beberapa hari hingga efeknya terlihat di kulit Anda. Berbeda dengan filler yang hasilnya bisa langsung terlihat setelah prosedur selesai.

Dari segi efektivitas dan ketahanan hasil, suntik botox umumnya mampu bertahan 3-4 bulan setelah perawatan. Sedangkan filler hasilnya tergantung pada bahan suntikan, namun biasanya memiliki daya tahan lebih lama, yaitu 4 bulan sampai 2 tahun.

4. Perawatan

Perbedaan botox dan filler selanjutnya adalah dari segi after-treatment. Untuk botox, Anda diperbolehkan langsung pulang sesudah prosedur, tetapi disarankan untuk menghindari aktivitas berat yang menghasilkan keringat berlebih, misalnya berolahraga.

Selain itu, sebaiknya hindari menekan atau menggosokkan area yang disuntik agar tidak timbul efek samping. Pastikan pula untuk mencuci area yang disuntik botox dengan air hangat selama 24 jam sembari menghindari cahaya matahari langsung selama beberapa hari.

Sedangkan untuk after-treatment filler, Anda sudah bisa langsung beraktivitas biasa dengan catatan tidak menyentuh area kulit meskipun nanti akan tampak memar atau bengkak ringan. Kondisi tersebut wajar terjadi pasca filler, dan bisa diredakan dengan kompres dingin.

5. Efek Samping

Sebagaimana perawatan kecantikan pada umumnya, botox dan filler pun memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Botox dapat menimbulkan efek memar ringan, reaksi alergi, sakit kepala ringan, kelopak mata turun, mata merah dan iritasi, serta tidak disarankan bagi ibu hamil dan menyusui.

Sedangkan filler bisa menimbulkan reaksi alergi, memar ringan, kulit kemerahan, jaringan parut, gatal–gatal, infeksi, dan mati rasa. Tetapi tenang, sebab tidak setiap orang akan mengalami efek samping tersebut.

Bagaimana, sudah menentukan ingin mencoba perawatan yang mana? Baik botox maupun filler, Privee Clinic menyediakan kedua treatment tersebut dan sudah difasilitasi dengan teknologi canggih terbaik, beserta dokter kecantikan profesional yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Baca Juga: Apa Yang Perlu Diperhatikan Untuk Filler di Jakarta?

Selain botox dan filler, Privee Clinic juga menyediakan berbagai jenis perawatan kecantikan lainnya sebagai solusi kebutuhan estetika Anda. Untuk mengetahui perbedaan botox dan filler secara lebih lanjut sekaligus melakukan reservasi, Anda bisa berkonsultasi bersama dokter kecantikan kami di sini!

LATEST POST