Apa Saja Penyebab Kulit Keriput? Cari Tahu di Sini

by

Bukan hanya kusam, flek, dan jerawat, ternyata kulit keriput merupakan salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh para wanita.

Munculnya garis halus, bagian wajah yang mulai mengendur, dan kulit yang tampak tak segar merupakan beberapa keluhan yang sering dirasakan. Seluruhnya inilah yang kemudian disebut sebagai tanda-tanda penuaan dini. Sama seperti permasalahan kulit yang lain, sebenarnya penyebab kulit keriput juga datang dari faktor kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan kurang baik yang terus diulangi, sehingga membawa dampak buruk pada kualitas kulit.

Baca juga: Cara mengencangkan kulit wajah walau usia bertambah

Penyebab Keriput pada Kulit

Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari yang dilakukan ternyata dapat membawa dampak yang negatif pada kulit, salah satunya berbentuk penuaan dini. Hal ini diakibatkan karena hilangnya elastisitas yang dimiliki oleh lapisan kulit, sehingga kulit tampak kering dan mudah memunculkan guratan halus. Berikut adalah beberapa penyebab kulit keriput yang harus Anda antisipasi.

1. Absen menggunakan tabir surya

Kebiasan ini merupakan yang paling klasik dan sering diabaikan, yaitu lalai menggunakan tabir surya secara berkala. Sinar matahari terdiri dari UVA dan UVB, yang seluruhnya mampu menembus lapisan terdalam kulit. Hingga akhirnya kulit mengalami kerusakan, dan muncullah flek hitam, bintik-bintik merah terbakar, kulit kering, hingga hilangnya kelembaban dan elastisitas kulit.

UVA dan UVB tidak hanya mampu menyerang lapisan kulit ketika Anda berada di luar ruangan, melainkan bisa menembus dinding kaca juga. Sehingga dimanapun Anda beraktifitas, pengaplikasian tabir surya harus dilakukan. Dan ini harus diulangi setiap dua jam sekali, untuk memastikan kult Anda terlindungi dengan sempurna.

2. Pola makan yang buruk

Apa yang Anda konsumsi sehari-hari akan berpengaruh pada kondisi kulit Anda. Pola makan yang buruk adalah salah satu penyebab kulit keriput. Hal ini muncul karena kulit tidak mendapatkan cukup asupan, sehingga mulai mengalami penurunan kualitas.

Kurangilah mengonsumsi makanan dengan jenis gorengan, kandungan gula, junk food, dan yang memiliki kandungan alkohol. Sebab semuanya mampu menghambat terjadinya regenerasi kolagen dalam kulit, dan memunculkan guratan keriput.

Anda disarankan untuk mengganti pola makan dengan memperbanyak asupan kacang-kacangan sebagai sumber protein, buah-buahan sebagai sumber vitamin, dan sayuran hijau sebagai sumber serat. Seluruhnya akan membantu proses pembaharuan lapisan kulit, dan pelepasan kulit mati yang terdapat di permukaan.

3. Kebiasaan membiarkan riasan

Sering malas menghapus sisa riasan? Maka siap-siaplah menghadapi penuaan dini. Interaksi kulit dengan bahan kimia yang terjadi terus-menerus akan memberikan efek lelah pada lapisan kulit. Ketika kemudian zat kimia ini didiamkan dan tidak dibersihkan dengan menyeluruh, maka efek kelelahan tadi akan bertambah, dan muncul dalam jangka panjang.

Salah satunya dalam bentuk kerutan, flek hitam, dan jerawat. Bersihkanlah riasan dengan teknik double cleansing, untuk menghindari pori-pori kulit yang terendap bahan kimia.

4. Gemar begadang

Kekurangan tidur yang berkualitas merupakan penyebab kulit keriput lainnya. Ketika waktu malam tiba, kulit mengalami regenerasi sel yang paling aktif. Di sinilah nantinya kulit akan melepaskan lapisan mati yang berada di permukaan.

Bukan hanya itu, di malam hari biasanya kulit juga akan aktif dalam melepaskan sebum, yang berfungsi untuk melumasi bagian permukaan kulit agar tidak dehidrasi.

Namun jika waktu krusial ini Anda lalui dengan aktivitas yang padat, maka proses pergantian sel di kulit ini akan terhambat. Karena itulah kebiasaan bergadang akan mendatangkan kulit yang keriput, bawah mata yang menghitam, dan tekstur kulit yang kering dan tidak segar.

Kebiasaan sepele yang ternyata dapat menjadi penyebab kulit keriput. Tidak hanya cara-cara di atas, Anda dapat melakukan treatment Skin Booster untuk tetap menjaga kelembapan wajah Anda. Tidak hanya itu, treatment Skin Booster juga secara efektif dapat meningkatkan produksi kolagen yang sangat baik untuk mencegah penuaan.

Baca Juga: Hindari Beberapa Hal, Ini Penyebab Kerutan di Bawah Mata

Karena itu, Anda dapat melakukan treatment Skin Booster di Privee Clinic. Privee Clinic adalah klinik Skin Booster Jakarta yang telah tersertifikasi serta dilayani oleh dokter yang telah berpengalaman. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan mengunjungi kami di sini.

LATEST POST