Apakah Mungkin Dark Spot di Wajah dapat Menghilang?

by

Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa memunculkan dark spot yang dikenal juga dengan istilah flek hitam.

Kehadirannya di kulit wajah akan membuatnya tampak kusam dan juga bernoda, sehingga bisa menurunkan rasa percaya diri.

Meskipun flek hitam ini bisa ditutupi dengan produk make up seperti foundation. Namun, jika masih memungkinkan untuk dihilangkan maka bisa dijadikan prioritas.

Baca Juga: Mata Berkantung Tampak Tua? Lakukan Tips Cara Menghilangkan Kantung Mata

Apakah Dark Spot Bisa Hilang?

Banyak sumber menyebutkan bahwa flek hitam sulit,bahkan mustahil untuk dihilangkan. Benarkah demikian? Pada dasarnya, flek hitam terbentuk karena kulit wajah maupun bagian tubuh lainnya memproduksi sel melanosit. Produksi sel melanosit ini kemudian menjadikan area tertentu lebih gelap dibanding area lainnya.

Namun tujuan tubuh memproduksi sel melanosit sendiri adalah untuk meminimalkan paparan sinar matahari yang mengandung UV. Hanya saja, ketika produksinya terjadi maka berpotensi menimbulkan dark spot yang tentu sangat mengganggu.

Meskipun sulit untuk dihilangkan, flek hitam ini tetap bisa dihilangkan. Namun butuh kesabaran dan konsistensi untuk melakukan perawatan kulit yang sesuai.

Beberapa Cara untuk Menghilangkan Dark Spot

Membantu memudarkan flek hitam, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan perawatan berikut ini:

1. Memakai Masker Madu

Cara pertama untuk mengatasi flek hitam di wajah adalah memakai masker dari madu murni. Caranya sendiri mudah, cukup membersihkan wajah dulu dengan air hangat, kemudian oleskan madu murni ke seluruh wajah.

Diamkan selama 15 sampai 20 menit sampai madu terasa kering, lalu dibilas dengan air suhu sedang. Jika rutin dilakukan maka dark spot akan memudar dengan sendirinya.

2. Memakai Masker dari Campuran Madu dan Jeruk Nipis

Selain mengandalkan madu murni, mengkombinasikan madu dengan bahan lain yang bisa mencerahkan kulit juga bisa dilakukan. Salah satunya dengan dicampur perasan jeruk nipis yang di dalamnya terkandung antioksidan, yakni Vitamin C.

Caranya bersihkan dulu wajah memakai air hangat, lalu siapkan wadah dan campur 1-2 sendok makan madu murni dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata,kemudian oleskan ke permukaan kulit wajah. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air suhu ruang.

3. Masker dari Madu dan Gula Pasir

Masih mengandalkan madu murni, jika di rumah kesulitan mendapatkan jeruk nipis maka bisa diganti dengan gula pasir. Caranya mudah, cukup siapkan wadah bersih dan tuang 3 sendok makan madu murni dan 2 sendok makan gula pasir.

Aduk rata dan aplikasikan ke permukaan kulit wajah sampai merata. Pijat perlahan dengan gerakan lembut dan memutar, lalu bilas dengan air suhu ruang.

4. Menggunakan Madu dan Putih Telur

Putih telur yang dicampur dengan madu murni ternyata juga efektif memudarkan dark spot di wajah. Putih telur yang tinggi protein ketika diaplikasikan ke kulit akan membantu merangsang proses regenerasi sel-sel kulit baru. Sehingga saat dicampur dengan madu menjadi sangatefektif memudarkan flek hitam.

Caranya adalah mencampurkan 2 sendok makan madu murni dengan putih telur dari 1 butir telur ayam. Aduk sampai rata, kemudian dioleskan ke seluruh wajah sembari dipijat dengan gerakan lembut. Setelah 15 menit bisa dibilas dengan air suhu ruang.

5. Melakukan Nd YAG Laser

Jika merasa memakai bahan alami terasa sangat lama hasil nya, maka sebagai alternatif bisa menjalani perawatan kulit ke klinik kecantikan. Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk memudarkan flek hitam. Salah satunya adalah perawatan Nd YAG laser.

Perawatan bertajuk Nd YAG Laser ini diketahui efektif mengatasi pigmentasi seperti yang terjadi saat kulit yang membentuk sel melanosit dan menyebabkan flek hitam. Teknologi laser yang digunakan memberikan manfaat lebih banyak, yakni meremajakan kulit. Sehingga tidak hanya mengatasi dark spot namun juga jerawat, keriput, dan mengecilkan pori-pori.

Baca Juga: Jerawat di Punggung Apa Penyebabnya? Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Dari serangkaian cara yang sudah kami bagikan, mana cara yang paling Anda sukai untuk menghilangkan flek hitam? Apapun cara yang Anda pilih, yang pasti harus tekun dan sabar ya, karena memanghilangkan flek hitam secara alami membutuhkan waktu yang tidak singat. Anda dapat melakukan Nd Yag Laser  di Privee Clinic untuk hasil yang lebih maksimal dengan melakukan reservasi dan konsultasi terlebih dahulu di sini.

 

LATEST POST