Bawang Merah, Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami.

 

Bekas jerawat yang tak kunjung hilang seringkali menurunkan kepercayaan diri seseorang. Akan tetapi, terdapat berbagai pilihan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Beberapa yang sedang ramai dibicarakan beberapa waktu terakhir adalah daun pegagan, baking soda, dan bawang merah. Namun, benarkah ketiga bahan alami tersebut efektif untuk menghilangkan bekas jerawat?

Baca juga: Pentingnya Senam Wajah untuk Menghilangkan Double Chin

Bagaimana bekas jerawat dapat muncul?

 

Jerawat seringkali meninggalkan noda kemerahan atau hitam. Noda tersebut sebenarnya merupakan hal yang normal terjadi sebagai dampak terjadinya peradangan pada kulit saat munculnya jerawat. Apakah bekas jerawat dapat hilang secara alami? Jawabannya adalah iya, noda bekas jerawat dapat hilang secara alami, akan tetapi membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat?

 

Daun Pegagan

Daun pegagan dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat. Kandungan dalam daun pegagan memiliki efek anti inflamasi dan anti bakteri. Keduanya bekerja untuk menenangkan kulit, meningkatkan produksi kolagen yang dapat mencerahkan wajah, dan dapat mengatasi jerawat. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan daun pegagan, sebab kandungan dalam daun pegagan agak keras untuk kulit sensitif.

Baking Soda

Satu sendok teh baking soda yang dicampurkan pembersih wajah dipercaya mampu menghilangkan bekas jerawat dengan cara mengangkat sel kulit mati. Penggunaannya mudah, campurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah, lalu oleskan ke wajah. Anda wajib segera membasuh wajah sesaat setelah kulit diolesi dengan campuran baking soda.

Beberapa orang telah mencoba dan membuktikan bahwa cara ini efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya Anda menghindari cara ini sebab penggunaan baking soda berisiko menyebabkan kulit kering, keriput, menimbulkan iritasi, bahkan memperparah kondisi jerawat. Kandungan alkali dalam baking soda dapat mengganggu kestabilan pH kulit sehingga kulit menjadi kering dan lebih sensitif.

Bawang Merah

Selain daun pegagan dan baking soda, bawang merah juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas jerawat. Bawang merah mengandung antioksidan dan antiprobiotik yang diyakini mampu memudarkan dan menghilangkan bekas jerawat. Untuk menggunakannya, Anda perlu mencampurkan tiga sendok makan susu dan seperlima sendok makan bawang merah yang telah dihaluskan. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan ke area wajah yang memiliki bekas jerawat. Setelah 10 hingga 15 menit, gosok area wajah dengan lembut, lalu bilas dengan air.

Selain ketiga bahan alami tersebut, Anda dapat menggunakan putih telur atau madu untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemakaian bahan-bahan alami tersebut tetap harus menggunakan takaran yang sesuai agar tidak menimbulkan masalah baru bagi kulit Anda.

Baca juga: Waspadai Kerutan di Wajah! Ini Cara Mengatasinya

Apabila Anda telah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat tetapi belum membuahkan hasil yang memuaskan, Anda disarankan untuk menemui pakar kulit atau kecantikan yang terpercaya. Jika Anda berminat melakukan konsultasi mengenai permasalahan bekas jerawat yang Anda alami, Anda dapat menghubungi Privee Clinic untuk informasi lebih lanjut.



Gunawarman Cipete
Gunawarman Cipete