Ciri Sel Kulit Mati pada Wajah dan Cara Mengatasinya

Ciri Sel Kulit Mati pada Wajah dan Cara Mengatasinya

by

Sel kulit mati pada wajah dapat menyebabkan berbagai masalah yang mengganggu kesehatan dan penampilan. Jadi, penting bagi Anda untuk memahami berbagai ciri sel kulit mati pada wajah.

Selain itu, pastikan juga Anda tahu bagaimana cara tepat untuk mengatasi kondisi kulit yang satu ini, supaya kulit tetap sehat dan memukau!

Ciri Sel Kulit Mati pada Wajah

Sel kulit mati merupakan sel yang telah mengelupas dari kulit, untuk nantinya diganti dengan yang baru. Seiring bertambahnya usia, proses pengelupasan menjadi makin lambat, sehingga muncul tumpukan sel kulit mati. Di bawah ini adalah ciri-ciri sel kulit mati yang ada pada wajah.

Baca Juga: Menyelesaikan Masalah Kulit dengan Laser Lavieen bersama Privee

1. Kulit Kering

Pertama, kulit wajah yang menjadi kering bisa disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati. Hal ini membuat produk perawatan kulit jadi sulit meresap.

2. Kulit Kusam

Kedua, kulit Anda bisa jadi kusam dan tampak lebih gelap jika terlalu banyak sel kulit mati yang menumpuk.

3. Kemunculan Jerawat

Ciri sel kulit mati pada wajah yang ketiga yakni munculnya jerawat. Hal ini disebabkan lapisan sel kulit mati yang terjebak di bagian pori-pori dan menjadi peradangan.

Cara Mengatasi Sel Kulit Mati

Supaya masalah sel kulit mati bisa ditangani secara optimal, maka sebaiknya Anda melakukan langkah berikut:

1. Memilih Produk Perawatan Kulit secara Selektif

Pertama, penting untuk memilih dan memakai produk perawatan yang tepat dan cocok untuk kulit Anda. Sebaiknya, pilih produk yang mengandung asam glikolat atau asam salisilat.

2. Mencuci Wajah secara Rutin

Kedua, cucilah muka secara rutin dua kali sehari dengan menggunakan produk pembersih yang lembut.

3. Melakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi dapat menjadi langkah perawatan kulit yang tepat untuk mencegah penumpukan sel kulit mati.

Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yakni dengan mengangkat sel kulit mati memakai scrub atau sikat, atau bisa juga dengan mengoleskan produk eksfoliasi dengan kandungan asam.

4. Mengaplikasikan Pelembab

Selanjutnya, pakailah pelembab untuk kulit Anda supaya tidak mudah kering. Pastikan memilih pelembab yang cocok untuk jenis kulit, serta hindari jenis pelembab yang berpotensi menyebabkan iritasi atau pori-pori jadi tersumbat.

5. Menggunakan Retinoid

Retinoid merupakan produk yang mengandung vitamin A. Fungsinya yakni untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat sistem pergantian sel kulit menjadi lebih optimal.

Baca Juga: Rekomendasi Treatment untuk Pori-pori Besar

6. Mandi dengan Air Hangat, Bukan Air Panas

Jika tidak ingin mandi dengan air dingin atau air bersuhu normal, maka alternatifnya yakni gunakan air yang hangat. Jangan mandi dengan air terlalu panas, karena bisa berpotensi membuat kulit menjadi kering atau bahkan iritasi.

7. Menghindari Produk Perawatan Kulit Berpewangi

Ketika memakai produk perawatan, terlebih untuk sabun muka, maka sebaiknya pilihlah yang bebas dari pewangi. Produk yang berbau terlalu tajam dapat mengganggu keseimbangan pH dan berpotensi menyebabkan iritasi.

8. Menjaga Hidrasi

Hal penting yang sering dilupakan dalam perawatan kulit yakni memastikan bahwa tubuh dan kulit tetap terhidrasi. Caranya, minumlah air putih yang cukup supaya tubuh tidak kekurangan cairan dan kulit terhidrasi dari dalam.

Selain itu, rajin mencuci muka dan memakai produk pelembab juga bisa memastikan kulit tetap terhidrasi dari luar.

9. Mengaplikasikan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya juga merupakan produk perawatan yang penting untuk mencegah penumpukan sel kulit mati, terlebih jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan.

Ternyata, ada cukup banyak cara untuk mengatasi sel kulit mati yang bisa dilakukan. Dengan menerapkan langkah di atas secara rutin, maka Anda bisa merawat kulit dan wajah secara optimal.

Selain itu, melakukan treatment secara profesional juga bisa menjadi langkah pendukung yang tepat. Anda bisa melakukan treatment terbaik sesuai kebutuhan bersama Privee Clinic, misalnya treatment Facial & Peeling.

Jadi, jika sudah menemukan ciri sel kulit mati pada wajah, segera hubungi kami untuk mendapatkan treatment terbaik. Kunjungi juga blog Privee Clinic untuk mendapatkan berbagai informasi dan tips seputar kecantikan kulit dan wajah.

 

Referensi

https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/menghilangkan-sel-kulit-mati-eksfoliasi/#google_vignette

https://www.mynuface.com/blogs/the-current/how-to-remove-dry-skin-from-face

https://yoona.id/blog/cara-mengangkat-sel-kulit-mati-pada-tubuh-lebih-efektif/

LATEST POST