Efektif! Ayo Coba 5 Cara Menghilangkan Bruntusan Ini

Efektif! Ayo Coba 5 Cara Menghilangkan Bruntusan Ini

by

Bruntusan seringkali menjadi masalah kulit yang membuat banyak orang merasa kurang percaya diri. Maka dari itu, Anda perlu cara menghilangkan bruntusan, supaya tidak mengganggu penampilan.

Sebenarnya untuk mengatasi bruntusan, penting untuk mengetahui penyebabnya dan menerapkan perawatan yang tepat. Berikut adalah 5 cara efektif untuk menghilangkan bruntusan dan mendapatkan kulit yang lebih bersih dan sehat.

5 Cara Menghilangkan Bruntusan

Bruntusan adalah kondisi kulit di mana muncul sekelompok kecil bintik-bintik merah atau putih yang tampak seperti jerawat kecil atau komedo. Mereka dapat muncul di area wajah, terutama di daerah hidung, dahi, dan dagu, meskipun juga dapat ditemukan di bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Pahami 5 Jenis Botox dan 4 Hal Ini sebelum Treatment

Bruntusan seringkali terkait dengan permasalahan kulit seperti pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Maka dari itu, Anda membutuhkan perawatan yang tepat untuk menghilangkan bruntusan. Berikut ini cara mengatasinya!

1. Cuci Wajah dengan Lembut

Salah satu langkah dasar dalam merawat kulit dan menghilangkan bruntusan adalah membersihkannya dengan lembut. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan hindari menggosok wajah terlalu keras.

Pembersih yang lembut membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi. Bersihkan wajah secara teratur, terutama di pagi dan malam hari, untuk menjaga kulit tetap bersih dan bebas dari bruntusan.

2. Gunakan Pelembap Non-Komedogenik

Pelembap adalah kunci untuk menjaga kulit tetap lembap dan mengurangi produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan bruntusan. Pilih pelembap non-komedogenik, yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi kulit.

Pelembap ini membantu menjaga keseimbangan kelembapan alami kulit tanpa menambah beban berlebih. Tak hanya itu, juga agar wajah lebih terhidrasi.

3. Pakai Produk Skincare yang Mengandung AHA/BHA

Asam Alfa Hidroksi (AHA) dan Beta Hidroksi Asam (BHA) adalah bahan aktif yang dapat membantu menghilangkan bruntusan. AHA membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru. Sementara BHA dapat menembus pori-pori untuk membersihkan minyak dan kotoran yang terjebak di dalamnya.

Produk skincare seperti toner atau serum yang mengandung AHA atau BHA dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi bruntusan.

4. Hindari Pencet-pencet Bruntusan

Cara menghilangkan bruntusan berikutnya adalah dengan tidak memencetnya. Pencetan yang tidak tepat dapat merusak kulit dan meninggalkan bekas luka atau infeksi.

Sebaliknya, gunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk membantu membersihkan pori-pori dan meredakan peradangan. Jika Anda kesulitan mengendalikan keinginan untuk memencet bruntusan, konsultasikan dengan ahli dermatologi untuk mendapatkan saran yang sesuai.

Baca Juga: Minuman atau Treatment? Mengenal Macam dan Manfaat Kolagen

5. Perhatikan Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat:

Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh perawatan luar, tetapi juga oleh pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan. Pastikan Anda mendapatkan cukup air setiap hari untuk menjaga hidrasi kulit.

Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit. Anda wajib untuk menghindari makanan yang bisa memicu adanya peradangan. Misalnya saja makanan berlemak dan berminyak.

Menghilangkan bruntusan memerlukan kesabaran dan konsistensi dalam perawatan. Setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda. Jadi Anda biasanya memerlukan beberapa metode yang efektif untuk jenis kulit Anda.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli dermatologi jika cara menghilangkan bruntusan tersebut masih belum mengatasi masalah. Anda juga bisa melakukan treatment di Privee Clinic, untuk perawatan bruntusan lebih lanjut. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa menghubungi admin Privee Clinic di sini.

LATEST POST