Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melakukan Botox

by

Botulinum toxin atau yang biasa disebut dengan botox, merupakan protein neurotoksin yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Terdapat 8 jenis botox dan dikategorikan ke dalam tipe A – H. Dalam dunia kecantikan estetika dan pengobatan, jenis botox yang digunakan dan paling lazim dikenal adalah Botulinum toxin A.

Pada mulanya suntik botox hanya digunakan untuk pengobatan mata juling pada bayi dan mengatasi kedutan pada wajah, kemudian berkembang menjadi sarana untuk mempercantik penampilan (khususnya wajah). Hal ini dirasakan oleh masyarakat yang mulai menyadari manfaat suntik bontox untuk menghilangkan kerutan di area alis dan dahi. Setelah melalui uji klinis pada tahun 2002, Food & Drug Administration menyetujui bahwa suntik botox (Botulinum toxin A) dapat menunjang penampilan secara temporer.

Selain efek kecantikan, suntik botox juga bermanfaat untuk kesehatan seperti mengobati migraine, keringat berlebih, dan ketegangan pada leher dan kepala. Jika Anda berminat untuk melakukan suntik botox, inilah beberapa hal yang perlu diketahui:

  1. Lakukan riset klinik estetika. Pilihlah klinik estetika terpercaya dan tenaga medis yang berpengalaman dan bersertifikat (ahli dalam bidangnya) dalam melakukan prosedur suntik botox seperti Privee Clinic.
  2. Banyaknya klinik kecantikan yang menawarkan suntik botox, beragam pula harga yang mereka tawarkan. Jangan mudah tergiur terhadap tawaran harga yang sangat miring, karena Anda harus mengutamakan proses dan hasil dari suntik botox, bukan harganya.
  3. Proses penyuntikan botox berlangsung cepat dan mudah, hanya berlangsung dalam hitungan menit dan tidak membutuhkan anestesi. Botox disuntikkan dengan jarum suntik halus ke titik atau pusat otot tertentu sesuai keinginan pasien dan biasanya tidak ada rasa sakit sedikitpun.
  4. Suntik botox juga dapat dilakukan untuk mencegah keriput. Ini berarti suntik botox dapat dilakukan sebagai metode pencegahan keriput (tidak harus dilakukan saat sudah mengalami keriputan) dan meminimalisir perawatan berikutnya.
  5. Hasil suntik botox dapat terlihat setelah 24 – 48 jam setelah prosedur penyuntikan dilakukan dan akan bertahan lama sekitar 3 – 6 bulan.
  6. Perawatan suntik botox yang dilakukan secara terus-menerus dan konsisten dapat meningkatkan efek positif jangka panjang, yaitu otot yang semakin rileks. Semakin rendah tingkat aktivitas sebuah otot, maka semakin berkurang juga daya kerja otot untuk menghasilkan keriput. Dengan kata lain, semakin rutin Anda melakukan suntik botox, makan semakin lama juga efek yang didapat dari perawatan tersebut.
  7. Suntik botox tidak dianjurkan untuk penderita penyakit saraf (neurologis) dan ibu hamil / menyusui.

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai Botox maupun konsultasi perawatan, Anda bisa hubungi Privee Clinic, disini.

Baca Juga: Mengapa Botox Merupakan Skin Care yang Sangat Aman?

LATEST POST