Jerawat di Pelipis, Berikut Penyebabnya

Jerawat di Pelipis, Berikut Penyebabnya

by

Jerawat di pelipis dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Kulit di area pelipis sangat halus dan akan terasa sangat mengganggu ketika diserang jerawat.

Umumnya, jerawat biasa disebabkan oleh kulit yang dehidrasi, kadar gula darah yang tidak terkontrol, hingga hormon yang tidak seimbang. Bila tidak segera diatasi, jerawat ini bisa semakin membandel dan membuat Anda frustasi.

Penyebab Jerawat di Pelipis

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mengenali terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Adapun penyebab muncul jerawat di area pelipis di antaranya:

1. Perubahan Hormon

Jerawat yang muncul di pelipis bisa jadi akibat adanya perubahan hormon, terlebih bila hal ini dialami oleh perempuan. Biasanya, perubahan hormon pada perempuan akan terjadi pada saat mengalami siklus haid, masa kehamilan, atau mulai memasuki masa menopause.

Baca Juga: Teruji! Cara Ampuh Menghilangkan Milia Wajah

Perubahan hormon ini dapat memengaruhi produksi minyak pada tubuh sehingga menyebabkan pelipis berjerawat.

2. Stres

Tanpa disadari, orang yang sering mengalami stress atau banyak pikiran biasanya lebih mudah berjerawat. Pada saat stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak minyak sehingga menyumbat pori-pori kulit. 

Selain itu, hormon stres ini juga dapat memicu peningkatan kadar insulin tubuh. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan berbagai hal positif agar terhindar dari stres.

3. Obat-obatan Tertentu seperti Kortikosteroid

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat di pelipis. Obat-obatan seperti kortikosteroid dapat menimbulkan jerawat bila digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

4. Make-up

Sebenarnya, make-up bukan penyebab utama jerawat. Namun, berbagai produk riasan wajah bisa memperparah kondisi jerawat seseorang. Terlebih bila kulit wajah mereka sensitif. 

Beberapa produk riasan wajah mengandung bahan yang bersifat komedogenik yang bisa menyumbat pori-pori. Hal inilah yang membuat make-up bisa menyebabkan jerawat.

6. Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit wajah seperti pelembap, sunscreen, dan toner juga dapat menjadi penyebab jerawat jika tidak cocok dengan jenis kulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit dan bebas dari bahan yang dapat menyebabkan jerawat.

7. Keringat

Keringat berlebih juga dapat menyebabkan pelipis berjerawat. Keringat yang bercampur dengan kotoran dan minyak di kulit dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat. Untuk menghindari hal ini, Anda harus membersihkan wajah setelah berkeringat agar tidak terjadi penyumbatan pada pori-pori dan muncul jerawat.

8. Genetika

Hal lainnya yang dapat menyebabkan jerawat di area pelipis yaitu karena faktor genetika atau keturunan. Bila keluarga Anda memiliki jenis kulit berjerawat, kemungkinkan Anda juga memiliki tipe kulit yang sama. Namun, hal ini tetap dapat diatasi dengan menggunakan produk perawatan yang tepat.

9. Penutup Kepala

Sering menggunakan penutup kepala seperti topi, helm, atau hijab juga dapat memicu adanya jerawat di area pelipis. Hal ini terjadi karena keringat dan minyak di sekitar pelipis akan terperangkap sehingga menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Beruntusan Versi Klinik Kecantikan

10. Produk Perawatan Rambut

Banyak yang tidak menyadari bahwa produk perawatan rambut juga dapat memicu jerawat. Produk rambut tertentu, terutama yang mengandung minyak dapat memicu kemunculan jerawat. Beberapa produk ini dapat berupa gel, busa, semprot, pewarna, dan produk rambut lainnya.

Demikian beberapa penyebab munculnya jerawat di pelipis. Mulai dari perubahan hormon, stres, genetika, obat-obatan tertentu, hingga penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat. 

Mari atasi jerawat Anda dengan treatment kecantikan di klinik kecantikan Privee Clinic. Hubungi kontak Privee Clinic untuk berkonsultasi atau Anda juga dapat mengunjungi laman blog Privee untuk mendapat informasi menarik lainnya.

 

Referensi

https://www.fimela.com/beauty/read/4876822/9-penyebab-jerawat-di-pelipis-yang-membandel?page=4 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325971#acne-locations-and-causes 

https://www.healthline.com/health/acne-on-temples#other-conditions 

https://www.exposedskincare.com/blogs/blog/acne-on-temples# 

LATEST POST