Kenali Ciri-Ciri Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya

by

Ketika bercermin, sebagian wanita pasti bertanya-tanya “Apakah kulitku ini sensitif? Atau merupakan kulit normal pada umumnya?”.

Mungkinkah Anda merupakan salah satu dari sebagian wanita tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, sebaiknya Anda perlu mengetahui ciri-ciri dari kulit sensitif terlebih dahulu. Karena dengan mengetahuinya, Anda jadi bisa mengambil sikap untuk mengatasinya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja ciri-cirinya, Anda berada pada halaman yang tepat. Pasalnya, di halaman ini akan dibahas tuntas tentang ciri-ciri kulit yang sensitif. Tak hanya itu saja, akan disajikan pula bagaimana cara mengatasinya. Sudah siapkah Anda untuk mengetahui ciri-cirinya?

Baca Juga: Ganggu Penampilan, Berikut Cara Menghilangkan Milia pada Wajah

Ciri-Ciri Kulit Sensitif Beserta Cara Mengatasinya

Ada berbagai macam karakteristik yang dimiliki oleh kulit, tanpa terkecuali kulit yang sensitif. Untuk mengetahui apakah kulit Anda termasuk kulit yang sensitif atau tidak, coba simak informasi di bawah ini dengan seksama.

1.  Mudah Muncul Bercak atau Ruam

Perhatikan kulit Anda, apakah mudah mendapatkan bercak atau ruam? Jika iya, kemungkinan kulit Anda termasuk sensitif, karena ini merupakan salah satu ciri kulit sensitif. Nah, mengapa bercak dan ruam ini sering muncul? Hal tersebut dikarenakan kebiasaan cuci muka yang kurang bersih, atau karena Anda tidak menggunakan pelembab.

Biasanya bercak dan ruam akan muncul ketika dalam kondisi tertentu, misalnya cuaca. Untuk mengatasi ini, Anda tidak boleh menggunakan produk baru secara sembarangan. Jadi, pastikan Anda melakukan patch test terlebih dahulu, yakni dengan cara mengoleskan produk pada area kulit yang super sensitif. Setelah itu, tunggu selama kurang lebih satu hari penuh untuk memastikan adanya reaksi negatif. Jika ada reaksi negatif, seperti muncul bercak dan ruam, sebaiknya hindari produk tersebut.

2.  Terasa Perih atau Terbakar

Ciri yang menandakan kulit Anda termasuk sensitif selanjutnya adalah sering merasa perih atau terbakar. Apalagi ketika Anda sedang menggunakan produk kecantikan, dengan bahan kimia yang memicu reaksi negatif tersebut. Nah, ketika sudah terlanjur, hentikan penggunaan produk kecantikan dan jangan digunakan lagi.

Sedangkan untuk mencegahnya terjadi, Anda perlu memperhatikan kandungan dalam produk sebelum menggunakannya. Hindari produk dengan bahan kimia yang dapat memicu timbulnya sensasi perih dan terbakar, atau memicu tingkat sensitifitas kulit Anda.

3.  Warna Kulit Kemerahan

Warna kulit kemerahan juga bisa menjadi tanda bahwa kulit Anda tergolong kulit sensitif. Hal tersebut bisa muncul dikarenakan adanya peradangan pada kulit, dan biasanya kondisi ini akan dibarengi oleh munculnya benjolan kecil-kecil. Jika hal ini terus berlanjut dalam waktu lama, dan semakin lama benjolan semakin banyak, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan segera berkonsultasi dengan dokter kulit.

4.  Kulit Sering Mengelupas

Anda perlu tahu, bahwa kulit yang sering mengelupas merupakan tanda bahwa kelembaban kulit berkurang. Hal ini seringkali dialami oleh para pemilik kulit yang sensitif, atau pemilik kulit kering yang super parah. Nah, untuk mengatasinya cukup mudah, yakni dengan menggunakan pelembab khusus kulit yang sensitif.

5.  Sering Timbul Rasa Gatal

Jika Anda sering merasa gatal, kemungkinan besar kulit Anda juga tergolong sensitif. Biasanya kondisi ini akan muncul ketika Anda menggunakan produk yang tidak cocok di kulit. Apabila Anda terus memaksakan untuk menggunakan produk yang sama, maka rasa gatal akan semakin parah bahkan bisa menyebabkan iritasi. Untuk mengatasinya, Anda harus menghentikan pemakaian produk atau bisa langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

Baca Juga: Tahi Lalat Mengganggu Penampilan? Ini Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Jadi, apakah kulit Anda memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan di atas? Jika iya, berarti dapat dipastikan kulit Anda tergolong kulit sensitif, sehingga cara perawatannya harus lebih hati-hati. Namun untuk lebih jelasnya, Anda dapat melakukan treatment ini di Privee Clinic dengan melakukan reservasi dan konsultasi terlebih dahulu di sini.

LATEST POST