kenali-perbedaan-kulit-wajah-berminyak-dan-dehidrasi-privee-clinic

Kenali Perbedaan Kulit Wajah Berminyak dan Dehidrasi

Kenali terlebih dahulu jenis kulit wajah Anda, apakah kulit wajah berminyak atau dehidrasi?

Kulit merupakan jaringan tubuh terluar manusia. Kondisi kulit tetap sehat dan indah menjadi prioritas bagi kebanyakan orang. Agar tetap tampil menarik, mereka melakukan berbagai perawatan dan tindakan untuk mempercantik kulit mereka.

Anda pasti tahu, perawatan kulit, terutama kulit wajah tidak bisa sembarangan. Perlu dikonsultasikan langsung oleh dokter atau ahli kulit. Namun bila Anda ingin melakukan perawatan kulit secara mandiri, ada baiknya kenali dulu jenis kulit Anda.

Namun belakangan muncul kategori baru dari kulit wajah yang dialami oleh sebagian masyarakat perkotaan. Kategori baru tersebut adalah kulit dehidrasi. Lantas seperti apa sebenarnya kulit dehidrasi itu? Kami ulas untuk Anda lebih mendalam tentang perbedaan kulit wajah berminyak dan kulit dehidrasi.

Baca Juga: Mengatasi Kulit Wajah Kering dengan Skin Booster

Jenis dan Kondisi Kulit

Secara umum kulit wajah diklasifikasikan menjadi lima jenis berdasarkan tingkat kandungan dan produksi minyak alami kulit (sebum). Lima jenis kulit tersebut adalah kulit wajah normal yang kandungan dan produksi sebum yang cukup stabil, kulit wajah berminyak yang kandungan dan produksi sebumnya berlebih, Kulit wajah kering yang kandungan dan produksi sebumnya rendah, dan Kulit wajah kombinasi, yakni di bagian tertentu berminyak, di bagian lain kering. Dan terakhir kulit wajah sensitif yang memiliki sensitivitas tinggi pada rangsangan atau pengaruh efek tertentu dari luar.

Selain dibedakan berdasarkan jenisnya, kulit wajah juga dibedakan berdasarkan kondisinya. Yakni suatu keadaan yang terjadi pada kulit wajah yang secara umum dapat terjadi pada seluruh jenis kulit atau hanya pada jenis kulit tertentu.

Kondisi kulit dibedakan menjadi enam jenis. Kulit keriput, kulit berjerawat, hyper pigmentation, Rosacea, kulit dehidrasi, dan kulit sensitivized. Wajah yang mengalamin penuaan dini dan kulit berjerawat sudah diketahui secara umum kondisinya. Kulit hyper pigmentation adalah bagian tertentu dari kulit wajah yang mengandung konsentrasi pigmen lebih tinggi, sehingga mengakibatkan warna pigmen kulit tersebut lebih pekat.

Kulit rosacea adalah kondisi kulit yang terinfeksi bakteri helicobacter plyori yang mengakibatkan kulit menjadi berbercak kemerahan dan timbul pembengkakan seperti jerawat. Dan kulit sensitivized adalah kondisi kulit sensitif yang kambuh akibat terpicu oleh rangsangan luar yang sensitif.

Kulit dehidrasi sendiri adalah kondisi ketika kulit kekurangan kadar air. Diakibatkan karena faktor jenis kulit kering yang memang sulit menjaga kandungan air, faktor reaksi eksternal dari cuaca dan tingkat kelembaban, hingga efek samping pemakaian skin care.

Namun, kulit dehidrasi sering kali disalah artikan mejadi kulit berminyak. Padahal bisa saja kulit Anda menjadi berminyak karena kulit yang dehidrasi.

Kulit wajah berminyak juga dapat dehidrasi

Kulit dehidrasi juga dapat terjadi pada jenis kulit wajah berminyak. Karena perlu diingat, kulit dehidrasi adalah kondisi kulit kekuarangan kadar air, bukan kadar minyak. Bukan jaminan kulit berminyak mengandung kadar air yang cukup.

Ada kondisi-kondisi yang membuat kulit berminyak juga dapat mengalami dehidrasi. Seperti efek samping penggunaan skin care bersifat mattifying yang berlebihan. Selain itu kulit berminyak juga bisa mengalami dehidrasi jika kamu terlalu lama berada di ruangan ber AC.

Kulit berminyak juga dapat mengalami dehidrasi ketika berada di tempat dengan kelembaban udara rendah. Seperti pergi ke negara dengan beriklim dingin, atau pergi ke gunung atau dataran tinggi dengan kelembaban udara yang rendah.

Cara mengatasinya mudah sebenarnya. Bersihkan wajahmu dengan toner non alkohol. Sifat keras alkohol hanya akan memperparah kerusakan kulit yang sedang kekurangan air. Bisa juga bersihkan wajahmu dengan air ber PH rendah.

Baca Juga: Maksimalkan Hasil Treatment dengan Konsumsi Makanan yang Dapat Mengurangi Jerawat

Selain itu, Anda juga dapat melakukan perawatan Skin Booster di Privee Clinic untuk mengembalikan kelembapan wajah dan mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit wajah. Kunjungi kami di sini untuk melakukan konsultasi dan reservasi terlebih dahulu.



Gunawarman Cipete
Gunawarman Cipete