Kurus tapi Double Chin? No Worries, Ini Cara Mengatasinya!

by

Double chin atau lemak yang menumpuk di bawah dagu bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang yang memiliki berat badan normal atau kurus sekalipun. Jika Anda bertubuh kurus tapi double chin, ada beberapa cara mengatasi yang bisa dicoba.

Sebaiknya kenali dulu apa saja penyebab timbulnya double chin, agar solusi mengatasi yang dipilih lebih tepat dan efektif. Salah satu penyebab utamanya adalah berat badan berlebih, sebab terjadi penumpukan lemak di tubuh.

Namun jika tubuh Anda sudah kurus dan dagu masih terlipat, bisa jadi penyebabnya adalah faktor keturunan. Elastisitas kulit yang menurun juga bisa membuat kulit sekitar dagu lebih kendur, sehingga terbentuk lipatan double chin.

Baca Juga: Filler Hidung Bertahan Berapa Lama? Beserta Prosedurnya

Kurus Tapi Double Chin? Simak Cara Mengatasinya!

Double chin bisa terjadi pada siapa saja karena beberapa faktor seperti genetik, kurangnya latihan fisik, kelebihan berat badan, atau pola makan yang buruk. Bagi Anda yang mengalami double chin padahal postur badan kurus, berikut adalah beberapa cara mengatasinya:

1. Senam Wajah

Senam wajah adalah cara efektif untuk mengencangkan otot-otot di sekitar dagu dan leher, sehingga dapat membantu menghilangkan double chin. Beberapa latihan wajah yang dapat dicoba antara lain mengangkat dagu, membuka mulut lebar-lebar, menggembungkan pipi, serta menarik bibir ke atas dan ke bawah.

2. Perbaiki Pola Makan

Meski tubuh Anda sudah kurus, namun makanan tinggi lemak dan kalori dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar dagu. Oleh karena itu, perbaiki pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Contohnya seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak. Batasi juga konsumsi garam dan alkohol yang dapat menyebabkan retensi air, sehingga membuat wajah terlihat bengkak.

3. Gunakan Skin Care Khusus

Beberapa produk skin care seperti krim atau serum mengandung bahan-bahan aktif seperti retinol, vitamin C, atau asam hialuronat. Bahan-bahan tersebut dapat membantu mengencangkan kulit di sekitar dagu dan menyamarkan double chin.

4. Sedot Lemak

Bagi pemilik tubuh kurus tapi double chin, salah satu alternatif yang efektif untuk dicoba adalah sedot lemak (liposuction). Prosedur ini dilakukan dengan cara membuat sayatan kecil di bawah dagu dan menghisap lemak berlebih menggunakan tabung khusus.

5. Facelift

Alternatif selanjutnya adalah facelift, yaitu prosedur bedah kosmetik yang melibatkan pengangkatan dan pengencangan kulit wajah dan leher untuk menciptakan tampilan yang lebih muda dan tampak lebih ramping.

Namun, tidak semua orang yang memiliki double chin memerlukan facelift. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ahli bedah plastik.

6. Filler Dagu

Untuk memperoleh dagu tirus tanpa double chin dengan minim resiko, salah satu opsi paling efektif adalah melakukan filler dagu. Filler dagu melibatkan suntikan bahan pengisi di bawah kulit dagu untuk memberikan bentuk yang lebih tegas dan runcing.

7. Ultherapy

Alternatif lain adalah ultherapy, salah satu treatment menggunakan energi ultrasound tanpa injeksi maupun operasi. Gelombang ultrasound tersebut dapat merangsang produksi kolagen di dalam kulit dan membuatnya lebih kencang, sehingga bisa mengurangi tampilan double chin.

Beberapa minggu setelah prosedur, kulit sekitar dagu akan tampak lebih kencang dan garis rahang akan terlihat lebih tegas. Hasilnya akan terlihat setelah beberapa minggu hingga beberapa bulan, dan dapat bertahan lama tergantung kondisi kulit.

Baca Juga: Cara agar Wajah Tirus dengan Treatment Filler Dagu Privee Clinic

Privee Clinic menyediakan prosedur filler dagu dan ultherapy yang dilengkapi fasilitas lengkap serta dokter berpengalaman. Lakukan konsultasi dan reservasi bersama dokter kami di sini, dan segera atasi masalah tubuh kurus tapi double chin bersama Privee Clinic!

LATEST POST