mengapa-wajah-bisa-tidak-simetris

Mengapa Wajah Bisa Tidak Simetris?

Pernahkah kamu mengamati bentuk alis maupun wajah di cermin? Ada kalanya bentuk alis sebelah kanan dan kiri tidak berada di satu garis lurus.

Selain itu, bisa juga pipi sebelah kanan lebih chubby dibanding sisi lainnya. Kondisi ini disebut dengan istilah wajah tidak simetris atau asimetris.

Siapa saja bisa mengalaminya, dan tidak sedikit yang memiliki kondisi tersebut. Namun apa penyebab wajah bisa tidak simetris? Rupanya ada banyak hal yang menjadi penyebab wajah menjadi tidak simetris. Mulai dari faktor genetik sampai kebiasaan keliru yang sudah terlalu lama dilakukan. Hal ini bisa mempengaruhi bentuk wajah. Berikut detail informasinya.

Baca Juga: Tidak Pede Karena Stretch Mark? Inilah Cara Menghilangkan Stertch Mark Tanpa Ribet

Kenapa Wajah Tidak Simetris? Cari tahu Penyebabnya

Tampilan wajah tidak simetris memang pada beberapa situasi dan kondisi akan terasa sangat mengganggu. Sebelum membahas lebih jauh, kenali dulu hal-hal yang menjadi penyebabnya. Beberapa diantaranya adalah:

Faktor Keturunan

Hal pertama yang menjadi penyebab dari struktur wajah yang asimetris adalah dari faktor keturunan. Cara termudah untuk mengetahui apakah wajah asimetris karena keturunan atau tidak. Adalah dengan memperhatikan bentuk wajah dari anggota keluarga yang lainnya.

Jika sebagian besar atau malah secara keseluruhan memang punya bentuk wajah asimetris. Maka bisa disimpulkan bahwa Anda juga mengalami wajah asimetris sejak lahir. Tidak perlu malu atau minder, sebab memiliki struktur wajah asimetris adalah hal unik dan menarik.

Pertambahan Usia

Hal kedua yang menyebabkan wajah tidak simetris adalah dari pertambahan usia. Pasalnya seiring bertambahnya usia seseorang maka struktur wajah dan bagian tubuh lainnya akan mengalami perubahan. Pada area wajah bentuknya menjadi asimetris, kondisi ini terbilang normal dan wajar.

Mengalami Kecelakaan

Pernahkah mengalami kecelakaan? Jika pernah, maka bisa jadi struktur wajah berubah karena kecelakaan tersebut. Sebab dalam beberapa kasus, wajah cenderung tidak simetris sebagai efek dari kecelakaan yang dialami.

Misalnya saat terjatuh dari sepeda motor, salah satu sisi bagian wajah berbenturan dengan aspal maupun benda keras di sekitarnya. Hal ini kemudian mempengaruhi struktur tulang dan kemudian menjadikan wajah jadi tidak simetris.

Mengalami Kondisi Medis Tertentu

Bentuk wajah menjadi tidak simetris juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang dialami. Bisa saja kamu menderita penyakit tertentu yang kemudian merubah struktur bentuk wajah. salah satu contohnya adalah mengalami gejala atau stroke berat yang kemudian mempengaruhi saraf tertentu di area wajah.

Maka wajah bagian tertentu menjadi kaku dan bentuknya pun mengalami sedikit perubahan. Kondisi ini juga akan menyebabkan wajah menjadi tidak simetris. Ada pula beberapa kondisi medis yang kemudian menjadikan struktur wajah berubah dan menjadi tidak simetris. Apabila mengalaminya, maka usahakan rutin berobat dan konsultasi ke dokter spesialis.

Kebiasaan Tertentu yang Mempengaruhi Bentuk Wajah

Penyebab wajah tidak simetris berikutnya adalah dari faktor kebiasaan yang keliru. Perlu diketahui bahwa ada sejumlah kebiasaan yang tergolong sederhana. Namun kemudian berpotensi mengubah struktur wajah. Misalnya mengunyah makanan hanya di satu sisi saja, duduk dengan menyilangkan kaki, suka menopang dagu, dan tidur miring di satu sisi saja dalam jangka waktu lama.

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menyamarkannya?

Struktur wajah yang sudah berubah pada dasarnya akan kembali seperti semula dengan menjalani operasi pembedahan dan konstruksi bentuk wajah. Biayanya tentu terbilang tinggi, namun bisa mengembalikan bentuk wajah ke kondisi semula.

Selain cara tersebut, untuk mendapatkan wajah yang kembali simetris juga bisa dengan menghindari kebiasaan pemicu bentuk wajah asimetris. Selain itu perlu menjaga berat badan di angka normal untuk mencegah bentuk wajah mengalami perubahan menjadi asimetris.

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga Mudah di Rumah untuk Mengecilkan Perut

Mengoreksi wajah tidak simetris juga bisa dilakukan dengan mengaplikasikan makeup dengan tepat. Menggunakan shading dengan warna gelap membantu menyamarkan bentuk wajah asimetrsi menjadi simetris secara instan.

Anda juga dapat berkonsultasi masalah wajah tidak simetris di Privee Clinic. Anda menghubungi kami di sini untuk mendapatkan treatment yang sesuai dengan masalah dan kebutuhan Anda.

 



Gunawarman Cipete
Gunawarman Cipete