Mengungkap Makanan yang Mencegah Datangnya Jerawat!

by

You are what you eat,” pernahkah Anda mendengar istilah ini? Apapun yang Anda lakukan terhadap tubuh Anda memiliki efek positif dan negatif. Apapun yang Anda konsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, salah satunya adalah jenis asupan nutrisi yang akan terpancar dari kesehatan kulit Anda.

Banyak orang berpikir bahwa hanya dengan rajin mencuci muka atau memakai beragam produk kecantikan saja sudah  cukup untuk menghindari munculnya jerawat pada kulit. Namun, usaha-usaha tersebut harus dilengkapi dengan mengontrol jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Kulit membutuhkan gizi pokok dengan kandungan positif agar proses  pergantian sel-sel kulit baru dapat berjalan dengan lancar dan semestinya. Mengonsumsi makanan berkolesterol dan berlemak tinggi akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebihan. Kondisi ini akan membuat pori–pori kulit tersumbat oleh banyaknya minyak pada permukaan kulit, hal inilah yang menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.

Beberapa makanan seperti pasta, nasi putih, dan gula, apabila dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kandungan gula dalam darah. Kondisi ini akan menyebabkan hormon insulin tidak dapat mengontrol kadar glukosa pada tubuh, sehingga memicu produksi minyak pada kulit. Makanan lain yang dapat memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh adalah  makanan cepat saji (fast food / junk food).

Jika demikian, makanan seperti apa yang baik untuk dikonsumsi dan dapat menghilangkan jerawat?

  • Makanan rendah karbohidrat seperti nasi merah dan roti gandum.
  • Sayur dan kacang–kacangan yang mengandung banyak serat seperti brokoli, kacang hijau, dll. Sayur dalam kondisi mentah atau diolah dengan cara direbus mengandung lebih banyak gizi daripada sayur yang ditumis dan digoreng.
  • Ikan mengandung omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada tubuh.
  • Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stress, sebab hormon stress dapat memperburuk jerawat.
  • Bawang putih memiliki kandungan alisin yang berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri pada tubuh.
  • Buah – buahan mengandung kadar air yang tinggi yang sangat bagus untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Hindari mengonsumsi minuman bersoda dan pemanis buatan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.
  • Yoghurt mengandung probiotik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

 

Baca Juga : Cara Mencuci Wajah yang Benar Agar Tidak Berjerawat!

Tindakan lain yang penting dilakukan untuk mencegah jerawat adalah memberikan perawatan ekstra pada kulit. Program yang disediakan oleh klinik kecantikan mampu memberikan perawatan pada kulit dengan menggunakan kombinasi teknologi canggih dan tenaga medis yang profesional. Privee clinic memiliki beragam pelayanan skincare mulai dari perawatan Black Doll Laser yang mampu membersihkan kulit hingga ke pori–pori, Express Chemical Peeling yang mampu menyingkirkan kulit mati secara cepat,  Rejuv & Toning Laser yang mampu menghilangkan bekas luka, sampai Facial yang mampu merilekskan kulit dan mengurangi stress.

Temukan solusi untuk berbagai permasalahan kulit Anda dengan booking jadwal konsultasi di sini.

LATEST POST