Penyebab Mata Yang Terlihat Sayu dan Solusinya

by

Mata sayu merupakan sebuah kondisi dimana bagian kelopak mata turun atau melorot, kemudian bagian bawah mata berkantung dan biasanya disertai dengan warna hitam di area mata.

 

Dalam dunia medis kondisi mata sayu disebut juga dengan ptosis atau blepharoptosis. Kondisi ini umumnya bukan sebuah ancaman serius bagi kesehatan. Namun, beberapa penyebab mata sayu bisa jadi merupakan gangguan kesehatan serius. Ketika mata mulai sayu dan redup, jangan ragu untuk cek kesehatan Anda pada dokter.

Baca Juga: Slimline Oxypod Therapy, Cara Mendapatkan Body Goals

Penyebab Mata Sayu

 

Beberapa orang memang terlahir dengan kondisi mata sayu, tetapi banyak hal yang menjadi penyebab mata sayu, di antaranya:

1. Bawaan Lahir (Faktor Genetik)

Beberapa orang memiliki mata sayu sejak lahir atau merupakan turunan dari orang tua. Hal ini tidak bisa dihindarkan. Oleh karena itu, pemilik mata sayu disarankan mampu menyiasati agar mata sayunya justru bisa menjadi menarik dan tidak mengganggu aktivitas.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur membuat jaringan otot mata kekurangan oksigen sehingga mata selalu tampak lelah dan sayu.

3. Terlalu Banyak Merokok

Asap rokok mengandung racun dan radikal bebas yang menghambat sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk jaringan mata akibatnya mata tak segar dan sayu.

4. Minim Pencahayaan

Kebiasaan buruk membaca dalam kondisi ruangan minim cahaya bisa membuat mata cepat lelah dan sayu.

5. Dehidrasi

Rendahnya asupan air ke dalam tubuh bisa membuat mata menjadi redup dan tidak segar. Saat orang kekurangan cairan, maka produksi air mata meturun, sehingga mata menjadi kering dan sayu.

6. Sering Menangis

Terlalu banyak menangis membuat otot mata bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga tak hanya bisa merubah mata menjadi sembab tetapi juga sayu.

7. Defisiensi Zat Besi

Kekurangan zat besi juga bisa menjadi penyebab mata sayu. Kekurangan zat besi menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata melebar.

8. Cidera

Cidera pada bagian mata bisa mempengaruhi otot dan saraf mata sehingga menyebabkan mata menjadi sayu.

9. Gangguan Kesehatan

Beberapa gangguan kesehatan bisa menyebabkan mata terlihat tidak segar, diantaranya adalah alergi, angioedema, blepharitis, orbital selulitis, oculopharyngeal muscular dystrophy, myasthenia gravis, bell’ palsy, sklerosis ganda, dan tumor pada kelopak atau lekuk mata.

10. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah yang mulai kendur juga bisa membuat mata terlihat sayu.

 

Solusi Menyembuhkan Mata Sayu

 

Kondisi mata terlihat sayu dapat dikurangi atau dihindari dengan solusi sebagai berikut:

  • Tidur cukup dan kurangi bergadang
  • Perbanyak konsumsi air putih. Minimal 2 liter sehari
  • Usahakan untuk rajin berkedip walaupun sedang serius bekerja atau sedang berkendara karena dengan berkedip, kelembapan mata akan selalu terjaga
  • Rajin mengompres mata menggunakan kantong teh, timun, punggung sendok makan, kain dingin, dan masker mata es
  • Ikuti gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, berolahraga, tidak merokok, dan hindari asap rokok
  • Kurangi aktivitas yang memberatkan mata seperti terlalu lama membaca buku, menatap layar komputer, HP atau TV di kondisi minim cahaya
  • Gunakan obat tetes mata
  • Operasi plastik atau tindakan medis lainnya yang sesuai dengan penyebab yang dikarenakan gangguan kesehatan

 

Baca Juga: Mengapa Operasi Plastik Tidak Menjadi Pilihan yang Terbaik

Banyak faktor yang menjadi penyebab mata sayu, tetapi umumnya solusi yang ada cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk beberapa penyebab mata terlihat sayu yang dikarenakan gangguan kesehatan, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter spesialis mata yang kompeten. Ingat, hindari berkonsultasi di klinik mata yang tidak terdaftar dan tak memiliki izin praktek, karena dapat membahayakan mata Anda.

 

LATEST POST