7 Tips Perawatan Wajah Kombinasi yang Tepat

by

Tips-Tips Perawatan Wajah Kombinasi

Seseorang yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi akan merasakan wajahnya kering dan berminyak pada waktu bersamaan.  Biasanya bagian yang terasa berminyak ada di area T seperti dahi, hidung dan dagu. Sedangkan untuk bagian pipi akan terasa kering. Jika anda termasuk yang memiliki kulit wajah kombinasi, berikut ini kami bagikan tips perawatan wajah kombinasi yang tepat.

Baca Juga:  Ini Dia Penyebab Minyak Berlebih di Wajah

Berbeda dengan perawatan untuk jenis kulit kering atau berminyak saja yang hanya fokus dengan satu cara, jenis kulit kombinasi memerlukan perawatan dengan cara yang berbeda di setiap areanya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips perawatan kulit kombinasi di bawah ini!

1. Setiap area diperlakukan dengan cara berbeda

Jenis kulit kombinasi memang membutuhkan perhatian ekstra dan waktu lebih lama. Sebab, wajah Anda membutuhkan 2 cara perawatan berbeda pada setiap area kulit, yang berminyak (area T) maupun kering (area pipi). Misalnya jika menggunakan pelembab, maka disarankan menggunakan mattifying moisturizer untuk perawatan area T dan menggunakan hydrating moisturizer untuk perawatan area pipi.

2. Pilih jenis sabun muka yang dapat melembabkan sekaligus mengangkat sebum 

Untuk menjaga kulit wajah agar  tetap sehat dan tidak semakin kering atau berminyak, sebaiknya pilih jenis sabun wajah yang tidak hanya lembut, tapi juga mampu melembabkan sekaligus mengangkat kotoran atau sebum.


3. Cuci muka menggunakan air hangat lalu gunakan hydrating serum

Untuk mengurangi minyak pada area T, Anda bisa mencuci wajah menggunakan air hangat. Setelah itu gunakan sabun wajah (sesuai poin 2) dan gosok secara lembut. Kemudian bilas kembali menggunakan air hangat. Untuk menjaga kelembapan area pipi yang kering, aplikasikan hydrating serum. Anda bisa memilih serum dengan formula khusus untuk kulit wajah kombinasi.

4. Hindari produk skincare beralkohol

Saat membeli produk skincare wajah, seperti toner misalnya, jangan malas untuk membaca kandungan yang terdapat pada kemasan. Jika Anda memiliki jenis kulit wajah kombinasi, sebaiknya hindari produk yang mengandung alkohol. Sebab, meskipun bisa mengurangi minyak area T, kandungan alkohol dapat merusak lapisan kulit bahkan membuat sel kulit mati dan memperparah timbulnya jerawat.

5. Menjaga pola makan sehat dan seimbang

Cara perawatan wajah kombinasi selanjutnya yaitu dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Kulit wajah yang sehat membutuhkan perawatan tak hanya dari luar tetapi juga dari dalam.

Tubuh Anda harus mendapatkan cairan yang cukup. Setidaknya Anda harus minum air putih minimal 8 gelas perhari, untuk menjaga kelembaban kulit, terutama kulit wajah. Selain itu, Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Perbanyak konsumsi jenis makanan yang kaya antioksidan dan hindari makanan berlemak tinggi.

6. Manjakan kulit wajah dengan clay mask

Clay mask sangat bermanfaat bagi semua jenis kulit wajah. Tidak hanya mampu mengangkat kotoran dan minyak, clay mask juga mampu menjaga keseimbangan kulit wajah. Cobalah manjakan wajah Anda dengan rutin menggunakan clay mask minimal 2 kali dalam seminggu.

7. Konsumsi vitamin A

Vitamin A sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Sebab, vitamin A kaya akan kandungan anti-oksidan yang dapat mencegah radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Mengkonsumsi vitamin A secara rutin dapat mencegah bakteri berkembang di wajah dan juga berfungsi untuk regenerasi kulit sehingga wajah akan semakin bersinar.

Baca Juga: Waspadai Kerutan di Wajah! Ini Cara Mengatasinya

Jika setelah mengaplikasikan tips diatas Anda masih memiliki masalah pada kulit wajah, cobalah untuk konstultasikan masalah wajah Anda kepada Privee Clinic yang bisa anda hubungi disini.

LATEST POST