Usia Bisa Mengubah Jenis Kulit Wajah Kamu, Persiapkan Solusinya

by

Tahukah kamu, usia ternyata bisa mengubah jenis kulit wajah kamu. Sebagaimana manusia terus tumbuh, kulitmu juga tumbuh dan berubah.

Agar kamu tidak kaget dengan perubahan jenis kulitmu, kamu mesti mengetahui jenis-jenis kulit wajah dan mempersiapkan solusi ketika sudah terjadi perubahan. Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Pure White Facial dan Manfaatnya

Kenali Jenis Kulit Wajah, Faktor Penyebab, dan Solusi Perawatan

Kulit wajah dipengaruhi oleh kandungan air dalam kulit, kandungan minyak dalam kulit, dan tingkat sensitivitasnya. Dari tiga faktor tersebut, kulit wajah dibagi menjadi 5 jenis.

1.Kulit Normal

Kulit normal adalah kulit yang ideal, dengan pori-pori yang tidak begitu terlihat. Memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang serta suplai darah yang lancar.

Perawatan jenis kulit ini paling mudah. Kamu hanya perlu menjaga kebersihan kulit dengan menggunakan pembersih, pelembab, dan tabir surya

2. Kulit Kering

Kulit kering adalah jenis kulit yang kekurangan kandungan minyak dan air alami. Teksturnya kasar, terkadang seolah bersisik, dan terasa gatal. Pori-pori, garis, dan kerutan juga nampak jelas pada jenis kulit ini.

Faktor penyebab utamanya adalah bertambahnya usia. Penuaan kulit  bisa lebih cepat terjadi jika anda sering beraktivitas di udara yang panas dan kering tanpa pelembab, terpapar radiasi sinar ultraviolet, atau efek konsumsi obat-obatan dan perawatan kulit yang salah.

Perawatan pada jenis kulit kering adalah mencegahnya sering terpapar faktor yang membuatnya kering, seperti deterjen, udara panas, air panas, radiasi, dan gesekkan yang kuat pada kulit. Caranya:

  • Jangan gunakan sabun mengandung deterjen
  • Gunakan pelembab jika hendak keluar rumah
  • Jangan mandi dengan air hangat terlalu lama
  • Jangan menggosok atau mengeringkan kulit terlalu kuat setelah mandi.


3. Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah jenis kulit yang kandungan minyak alaminya sangat banyak. Jenis kulit ini memiliki pori-pori yang besar, sehingga jerawat, dan komedo sering muncul dan terlihat.

Faktor penyebab kulit berminyak selain usia adalah stres dan pubertas. Perubahan hormon pada kulit anda dapat membuat produksi minyak alami kulit meningkat.

Perawatan kulit wajah berminyak adalah dengan membersihkan dan menjaga kandungan minyaknya tetap normal. Caranya:

  • Bersihkan kulit wajah anda dua kali sehari dengan pembersih ringan atau khusus kulit berminyak dengan air dingin.
  • Jangan pernah mencungkil jerawat yang muncul, karena itu akan membuat kulit anda terluka dan pori-pori semakin lebar terbuka dan tidak bisa tertutup kembali.


4. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit wajah yang terdapat kulit kering sekaligus kulit berminyak di saat bersamaan. Misalnya, kedua pipi anda memiliki kulit kering sehingga terasa kasar, tapi dahi dan hidungmu memiliki kulit berminyak sehingga berjerawat atau berkomedo.

Faktor penyebabnya selain usia adalah perubahan cuaca. Terutama ketika kamu beradaptasi dengan cuaca baru di lingkungan yang baru.

Untuk perawatannya disesuaikan saja dengan cuaca dengan tempat kamu tinggal sekarang. Jika cuacanya akan membuat jenis kulit wajahmu kering, gunakan teknik perawatan kulit kering. Begitu pula untuk kulit berminyak


5. Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang mudah sekali terkena iritasi. Ciri-cirinya adalah sering muncul bercak merah, sering terasa terbakar di kulit, sering terasa sangat kering dan gatal.

Selain usia, faktor penyebab kulit sensitif ini biasanya genetik atau perubahan hormon akibat perawatan kulit yang salah. Perawatan kulit sensitif perlu penanganan khusus. Kamu tidak bisa sembarangan menggunakan sabun atau perawatan biasa. Semuanya harus sesuai dengan saran dokter.

Baca Juga: Rahang Kecil Bak Artis Korea Dengan Perawatan Botox

Dari penjelasan diatas, yang manakah jenis kulit wajah Anda? Anda harus menjaga dan merawat kulit wajah sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Perawatan untuk wajah Anda bisa dilakukan di Privee Clinic. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

LATEST POST