4-ciri-ciri-utama-wajah-kusam

4 Ciri-ciri Utama Wajah Kusam

by

Memiliki wajah cerah dan berseri tentunya adalah dambaan setiap orang. Namun, terkadang ada yang menghadapi masalah wajah kusam yang membuat penampilan kurang memikat. Apalagi, ciri-ciri wajah kusam bisa menjadi indikasi dari masalah kulit lainnya.

Dengan mengetahui tanda-tanda wajah yang sedang kusam, Anda bisa mengidentifikasi kemungkinan penyebab hingga cara mengatasinya. Sehingga, masalah kulit Anda dapat segera diatasi dengan tepat.

Ciri-ciri Wajah Kusam

Secara umum, wajah yang kusam dapat ditandai dengan mengidentifikasi beberapa ciri-ciri utama berikut ini:

1. Kulit Kering dan Kasar

Kulit yang terasa kering dan kasar seringkali menjadi salah satu tanda utama wajah kusam. Ketika kulit kehilangan kelembaban, maka teksturnya menjadi tidak halus dan terasa kasar saat disentuh.

Faktor seperti kurangnya hidrasi dari asupan air putih dan paparan udara kering dapat turut memperparah kondisi ini.

2. Warna Kulit Tidak Merata

Warna kulit yang tidak merata, contohnya seperti mata panda, juga menjadi ciri khas dari wajah kusam. Biasanya, kurangnya waktu tidur dan adanya penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Muka Sensitif

Hal ini karena berbagai organ tubuh termasuk kulit akan melakukan regenerasi dan perbaikan sel-selnya selama tidur malam. Jika tidur terganggu, proses regenerasi kulit juga akan terhambat, sehingga menyebabkan kulit terlihat lebih gelap dan kendur.

3. Kulit Tampak Tidak Cerah dan Lebih Gelap

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan kulit terlihat lebih gelap dan tidak cerah. Alasannya, sinar UV dari matahari akan merangsang produksi melanin, suatu zat yang memberikan warna pada kulit.

Produksi melanin secara berlebihan inilah yang membuat kulit terlihat lebih gelap. Selain itu, menumpuknya sel-sel kulit mati ditambah dengan paparan polusi juga bisa membuat kulit wajah kusam semakin parah.

4. Kekenyalan Kulit Berkurang

Ciri-ciri wajah kusam yang selanjutnya adalah kulit terlihat kendur dan muncul kerutan halus, yang merupakan tanda dari berkurangnya kekenyalan kulit.

Tanda-tanda ini disebabkan oleh berkurangnya jumlah kolagen dalam kulit, yang berperan penting dalam merangsang regenerasi kulit wajah.

Penyebab Wajah Kusam

Secara umum, berbagai tanda wajah kusam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya perawatan kulit yang tepat dan gaya hidup yang tidak sehat.

Contohnya seperti penumpukan sel kulit mati dan paparan sinar matahari, faktor alami seperti penuaan akibat penambahan usia, atau bahkan faktor psikologis seperti stres.

Cara Mengatasi Wajah Kusam

Lalu, bagaimana cara mengatasi berbagai ciri-ciri wajah kusam di atas? Untuk mengembalikan kecerahan dan kesegaran pada wajah, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

Baca Juga: Hidung Besar dan Pesek? Begini Cara Mengecilkannya

  • Gunakan produk perawatan yang mengandung bahan khusus untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.
  • Gunakan pelembab wajah minimal dua kali sehari
  • Pilih produk perawatan kulit (skincare) yang sesuai dengan tipe maupun kadar sensitivitas kulit wajah.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan gunakan tabir surya setiap hari dengan kadar SPF yang sesuai.
  • Rutin lakukan eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Perhatikan pola makan dan pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.
  • Kelola stres dengan baik melalui teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.
  • Cukupi kebutuhan tidur, minimal 7-9 jam per hari.

Seperti disebutkan sebelumnya, berkurangnya kadar kolagen dalam kulit bisa menjadi salah satu penyebab wajah tampak kusam. Selain mencoba beberapa tips di atas, Anda juga bisa mencoba melakukan treatment khusus seperti Collagen Stimulator dan Ultherapy.

Selain itu, terdapat pula berbagai jenis perawatan lain yang bisa dicoba seperti IV Drip, Skin Booster, Laser, hingga Facial dan Peeling. Berbagai treatment untuk mengatasi ciri-ciri wajah kusam ini bisa Anda dapatkan di Privee Clinic. Hubungi kami untuk berkonsultasi.

LATEST POST