Face Lifting Treatment: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur

by

Tampilan kulit wajah akan berubah seiring pertambahan usia. Kulit jadi kendur, tidak kenyal, muncul keriput dan garis-garis halus. Tak sedikit wanita yang melakukan face lifting treatment untuk membuat wajah jadi terlihat lebih awet mudah. 

Perawatan face lifting tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus berada di bawah pengawasan dokter ahli. Karena prosedurnya melalui operasi, yang jika dilakukan sembarangan dan bukan oleh dokter kecantikan, bisa menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Baca Juga: Kerutan Wajah Bikin Gak Pede? Fotona 4D Laser Lifting Solusinya

Apa itu Face Lifting Treatment?

Perawatan face lifting disebut juga dengan nama rhytidectomy, merupakan prosedur operasi kecantikan yang bisa membuat wajah terlihat lebih muda. 

Itu karena cara kerja tindakan ini adalah menarik wajah, sehingga kulit bisa kembali kencang, dan mengurangi gelambir. Menghilangkan kulit yang kendur serta menghaluskan lipatan pada kulit pipi dan rahang. 

Pada awalnya operasi face lifting hanya untuk mengembalikan kekencangan kulit. Namun sekarang operasi ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki posisi otot dan kulit. Serta dapat digabungkan dengan pembedahan lain seperti menarik pipi, dahi dan kelopak mata

Tujuan Perawatan Face Lifting

Kehadiran perawatan face lifting bertujuan membantu konsumen mewujudkan impian mereka untuk memiliki wajah yang awet muda. Dengan cara mengatasi kondisi kulit yang kendur dan penumpukan lemak di beberapa area wajah. 

Face lifting mampu mengatasi kondisi kulit yang berubah karena proses penuaan seperti:

  • Pipi terlihat lebih kendur
  • Tumpukan lemak di rahang bawah dan leher
  • Lipatan kulit dari sisi hidung hingga sudut mulut

Namun perlu diketahui face lifting bukan metode perawatan untuk menghilangkan kerutan halus, misalnya kerutan di area hidung dan bibir bagian atas. Serta bukan untuk mengatasi masalah kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari atau kondisi warna kulit wajah tidak merata.

Prosedur Face Lifting Treatment

Face lifting diberikan kepada mereka yang memiliki keluhan tanda-tanda penuaan. Jadi yang bisa melakukan jenis perawatan ini umumnya orang berusia 40 tahun ke atas. Tapi boleh juga dilakukan kepada orang di bawah usia 40 tahun, bila mengalami kondisi tertentu.

Selain itu, sebelum mendapatkan perawatan face lifting, dokter akan terlebih dahulu mengecek riwayat kesehatan. Seperti mengecek tekanan darah, obat yang sedang dikonsumsi, apakah memiliki alergi tertentu, keloid, dan terakhir memeriksa kondisi kulit. 

Jadi tidak semua orang diperbolehkan melakukan prosedur ini. Misalnya jika terdapat kondisi tertentu yang kemungkinan besar akan mempengaruhi proses pemulihan tubuh. Maka dokter tidak akan merekomendasikan perawatan face lifting 

Jika ternyata pasien lolos tahap pemeriksaan riwayat medis, selanjutnya dokter akan menjelaskan bagaimana prosedur operasi berjalan. Serta menjelaskan seperti apa proses pemulihan dan kemungkinan risiko yang timbul pasca operasi. 

Prosedur

Prosedur face lifting dilakukan melalui tahapan seperti berikut ini:

  • Dokter akan memberikan obat bius
  • Kemudian dokter membuat sayatan di tempat yang diperlukan tindakan. Bisa di area sekitar telinga, garis rambut dan juga pelipis, bagian bawah kulit kepala, dagu dan di bagian dalam mulut
  • Selanjutnya dokter melakukan reposisi atau melenyapkan lemak dan kulit wajah, serta mengencangkan kembali otot-otot pada wajah. Tapi ini pun tergantung kondisi wajah pasien. Dokter bisa melakukan ketiga-tiganya atau cukup satu jenis tindakan saja
  • Setelah itu, dokter menutup sayatan bisa dengan cara jahitan yang larut, atau jahitan yang nantinya perlu dilepas setelah beberapa hari. Atau menggunakan lem kulit
  • Prosedur ini berlangsung kurang lebih dua sampai lima jam. Pasien bisa pulang di hari yang sama.

Banyak perempuan memilih perawatan face lifting karena mampu memberikan hasil yang cepat. Kulit wajah terasa lebih kencang dan kepercayaan diri semakin meningkat.  

Baca Juga: Miliki Kulit Kencang, Atasi Penuaan Dini dengan Laser Nd YAG

Bagi Anda yang tertarik melakukan face lifting treatment atau ingin kembali mengencangkan kulit yang kendur, Anda bisa melakukan perawatan di Privee Clinic. Dapatkan rekomendasi perawatan kulit yang sesuai untuk Anda. Konsultasikan keluhan kesehatan kulit Anda dengan dokter di Privee Clinic!

LATEST POST