hindari-beberapa-hal-Ini-penyebab-kerutan-di-bawah-mata-privee-clinic

Hindari Beberapa Hal, Ini Penyebab Kerutan di Bawah Mata

 Kerutan di bawah mata merupakan salah satu problema yang susah untuk diselesaikan. Mengapa?

Penyebab kerutan di bawah mata memang membutuhkan perawatan yang intens, agar kualitas kulit yang sebelumnya lelah dan rusak, bisa kembali sehat.

Salah satu bagian wajah yang kerap mengalami kerutan adalah bagian bawah mata. Malahan ini bisa terjadi bukan hanya pada yang berusia senja saja, melainkan anak-anak dan remaja juga. Tapi sebenarnya apa penyebab kerutan di bawah mata? Berikut pembahasannya untuk Anda.

Baca juga: Botox Wajah adalah Solusi Terbaik Cegah Kerutan di Wajah

Penyebab Kerutan di Bawah Mata

Saat ini, penyebab kerutan di bawah mata tak memandang usia. Jika sebelumnya kerutan diidentikkan dengan orang-orang yang berusia lanjut, maka saat ini justru kerutan di bawah mata sudah bisa menyerang remaja dan mereka yang baru memasuki usia 20 tahunan. Nah, sebenarnya apa yang menjadi penyebab munculnya kerutan di bawah mata? Berikut uraiannya

1. Kulit dehidrasi

Penyebab pertama adalah kurangnya kadar moisture yang ada di kulit. Ibaratkan saja kulit ini seperti lapisan tanah. Ketika memasuki musim kemarau dimana air susah untuk didapatkan, lapisan tanah akan mengalami keretakan karena kekurangan kelembaban. Tanah yang kering juga akan lebih memperlihatkan tekstur permukaannya.

Inilah yang juga terjadi pada area bawah mata yang keriput. Ternyata kerutan bisa muncul karena hilangnya kelembaban yang ada di lapisan kulit tersebut. Akibatnya kulit menjadi lebih mudah untuk memunculkan garis-garis halus, dan terlihat seperti kantung matanya mengendur. Tekstur kulit di bawah mata juga bisa menjadi kasar dan bersisik.

2. Kebiasaan mengucek mata

Percaya atau tidak, namun inilah penyebab kerutan di bawah mata selanjutnya. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengucek mata, ternyata ini tidak baik bagi lapisan kulit yang berada di bawahnya. Ketika pengucekan tersebut dilakukan dalam waktu yang berulang, maka otot yang ada di bawah mata akan mengalami perubahan.

Kelelahan otot akan muncul diakibatkan oleh tekanan yang terus-menerus. Ketika kemudian otot ini berubah, maka lapisan kulit yang ada di atasnya pun menjadi mengendur. Karena itulah umumnya mereka yang memiliki kulit mata sensitif dan mudah gatal biasanya akan lebih cepat memiliki kerutan di bawah mata.

3. Menggunakan riasan mata

Apakah menggunakan make up merupakan salah satu penyebab kerutan di bawah mata? Jawabannya adalah iya. Sebenarnya ini berlaku untuk seluruh lapisan wajah. Kulit memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi alami, dalam waktu kurang lebih 14 hingga 28 hari. Namun biasanya proses regenerasi ini bisa menjadi tidak maksimal ketika keadaan kulit tengah lelah. Salah satunya karena penggunaan riasan yang terlampau berat.

Akibatnya pemecahan sel dan kolagen akan berlangsung sangat lambat. Karena itu biasanya mereka yang aktif menggunakan make upakan memiliki risiko kulit keriput lebih tinggi, dibandingkanyang menggunakan make upsesekali waktu.

4. Perokok aktif dan pasif

Sebenarnya yang menjadi masalah di sini adalah interaksi kulit dengan asap rokok yang mengandung nikotin. Karenanya gejala ini bisa terjadi pada mereka yang merupakan perokok aktif, dan pasif. Salah satu efek yang muncul adalah mengendurnya elastisitas dan kesegaran kulit, karena tidak mendapatkan asupan yang cukup.

Itulah beberapa penyebab kerutan di bawah mata yang perlu dihindari. Selalu perhatikan kebiasaan dan lingkungan Anda, untuk menjaga kulit tetap sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Jika Anda ingin menghilangkan kerutan tersebut dengan instan dan efektif, maka Anda dapat melakukan treatment di Privee Clinic.

Baca juga: Cara mengencangkan kulit wajah walau usia bertambah

Privee Clinic menyediakan treatment mulai dari filler, botox, laser, dan perawatan lainnya untuk memngembalikan wajah yang prima dan sehat. Hubungi kami di sini untuk melakukan reservasi dan konsultasi gratis.



Gunawarman Cipete
Gunawarman Cipete