Perawatan Filler Ampuh Hilangkan Bekas Keloid

by

Bila menyebut permasalahan pada kulit, akan banyak sekali masalah yang dapat disebutkan. Bekas luka termasuk dalam kategori ini.

Bekas luka pada umumnya dapat memudar dan hilang sepenuhnya tanpa membutuhkan perawatan khusus. Namun, ada jenis bekas luka yang sangat mengganggu dan sukar sekali untuk menghilang dengan sendirinya, contohnya keloid. Kabar baiknya, kini sudah muncul perawatan filler yang efektif mengatasi keloid.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Keloid

Keloid adalah suatu kelainan dalam penyembuhan luka yang ditandai dengan munculnya semacam kulit berlebih di sekitar luka terbentuk. Dalam kondisi normal, ketika seseorang mengalami luka di kulit, maka jaringan parut atau fibrosa akan terbentuk di atasnya guna melindungi luka tersebut dan memperbaikinya. Pada kasus keloid, fibrosa akan berlebihan hingga akhirnya membesar dan menebalkan.

Bukan hanya pada luka besar saja keloid dapat terjadi. Keloid dapat terjadi pada luka-luka kecil seperti bekas jerawat, bekas tindik, dan hingga bekas suntik vaksinasi. Orang yang memiliki kulit gelap lebih rentan untuk mengalami masalah keloud ini ketimbang yang berkulit cerah.

Penyebab Keloid

Para ahli sepakat bahwa keloid disebabkan oleh faktor genetika. Artinya, seseorang berpotensi mengalami keloid apabila orang tuanya punya punya kelainan yang sama. Mereka yang berpotensi mengalami keloid sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan luka, seperti tindik, men-tatto tubuh, dan memencet jerawat. 

Baca Juga: Wajah Mulus Tanpa Bekas Jerawat Dengan Perawatan Filler

Penyembuhan Keloid

Menghilangkan keloid secara natural hampir sangat sulit untuk dilakukan. Namun, beberapa prosedur rekayasa estetika dapat membantu Anda yang ingin mengenyahkan bekas keloid, contohnya seperti injeksi filler dan anti-radang. Terdapat juga cara lain seperti operasi pemotongan keloid, penggunaan radiasi untuk menyusutkan ukuran keloid, serta perawatan laser.

Perawatan Filler Untuk Atasi Keloid

Dari sekian banyak prosedur rekayasa estetika, saat ini yang paling digandrungi banyak peminat adalah perawatan filler. Perawatan atau suntik filler tergolong mudah untuk dijalani.  Alasan yang lain yaitu tidak butuh waktu pengerjaan yang terlalu lama serta memiliki minim risiko.

Suntik filler sendiri melibatkan cairan atau senyawa khusus, seperti collagen, silicon, dan Hyaluronic Acid. Namun, klinik-klinik kecantikan ternama, seperti Privee Clinic, lebih memilih menggunakan Hyaluronic Acid.  Sebab, Hyaluronic Acid pada dasarnya sudah berada di dalam tubuh manusia. Ketika disuntikkan, tubuh tidak akan menganggap zat itu sebagai zat asing dan potensi alergi menjadi kecil.

Dokter estetika akan memastikan terlebih dahulu kondisi keloid pasien. Jika keloid tebal dan luas, pasien membutuhkan perawatan tambahan di samping filler. Misalnya, pemotongan menggunakan teknik laser. Bekas potongan kemudian akan dihilangkan dengan suntik filler. Namun, bagi yang memiliki keloid berukuran kecil dan tidak terlalu tebal, suntik filler cukup efektif mengatasinya.

Selalu pilih klinik dan dokter estetika terbaik jika ingin merasakan keutamaan perawatan filler ini. Salah satu contohnya Privee Clinic yang berlokasi di kawasan Cilandak Jakarta Selatan.

Baca Juga: Perawatan Filler Untuk Atasi 6 Tanda Penuaan Pada Wajah

Untuk Anda yang menginginkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di sini. Dapatkan juga konsultasi untuk perawatan filler secara gratis!

LATEST POST