Jangan Sembarangan, Perawatan Jerawat yang Keliru Picu Bekas Berlubang

by

Banyak langkah yang dapat ditempuh untuk menghilangkan jerawat, pastikan perawatan jerawat Anda tepat agar tak picu bekas berlubang.

Jerawat memang menjadi masalah bagi sebagian orang. Selain mengganggu penampilan, jerawat juga menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman di wajah. Meski jerawat dapat hilang secara alami, umumnya seseorang ingin segera menghilangkannya. Alhasil, banyak jenis perawatan dilakukan untuk mengatasi jerawat. Sayangnya, tidak semua informasi terkait perawatan jerawat yang tersebar di masyarakat terbukti kebenarannya. Alih-alih menyembuhkan, beberapa justru berpotensi menimbulkan bekas berlubang atau bopeng di wajah.

Baca Juga: Fotona Vaginal, Terapi Aman Kembalikan Elastisitas Vagina

Perawatan Jerawat yang Keliru Pemicu Bekas Berlubang

Hindari bekas berlubang pada kulit wajah karena perawatan jerawat yang keliru, seperti:

1. Memencet Jerawat

Kebanyakan orang berpikir jerawat bisa diatasi dengan cara memencet dan mengeluarkan cairan putih (minyak bercampur bakteri) di dalamnya. Dampaknya, banyak yang memencet jerawat dengan tangan kosong.

Meski dapat secara instan mengempeskan jerawat, memencet jerawat merupakan tindakan yang keliru. Sebab, cairan yang keluar dari jerawat berpotensi menyebarkan bakteri dan memperparah kondisi jerawar serta memicu timbulnya jerawat baru. Selain itu, memencet jerawat menggunakan tangan yang tidak steril dapat menimbulkan luka infeksi yang mengakibatkan munculnya bekas berlubang pada wajah.

2. Sengaja Menutup Jerawat dengan Make Up Tebal

Rasa minder sering muncul bersamaan dengan jerawat yang semakin meradang. Agar percaya diri, banyak wanita memutuskan untuk menutupi jerawat menggunakan make up. Akibatnya, jerawat semakin parah dan berpotesi menimbulkan bekas berlubang di wajah.

3. Melakukan Treatment di Klinik Ilegal

Seseorang yang memiliki anggaran lebih untuk perawatan tubuh, biasanya akan memilih mengatasi jerawat di klinik kecantikan. Sah saja, asalkan memilih perawatan yang tepat.

Sayangnya, tidak semua klinik kecantikan legal dan menjamin hasil terbaik. Banyak klinik kecantikan ilegal yang melakukan praktik perawatan keliru menggunakan teknik yang menyebabkan jerawat dan bekas berlubang semakin parah.

4. Memakai Banyak Obat Jerawat

Jengah dengan jerawat yang menghiasi wajah kerap membuat seseorang mengaplikasikan banyak obat jerawat sekaligus. Padahal kulit perlu waktu untuk beradaptasi dengan kandungan obat jerawat yang digunakan. Jika dipakai bersamaan, jerawat berpotensi menjadi semakin parah dan menimbulkan bekas berlubang.

5. Mengatasi Jerawat dengan Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki sensasi sejuk ketika diaplikasikan ke kulit. Oleh karena itu, pasta gigi banyak direkomendasikan untuk menghilangkan jerawat secara instan. Sayangnya, langkah ini keliru karena kandungan pada pasta gigi tidak diformulasikan untuk mengatasi jerawat. Alih-alih menyembuhkan, pengaplikasian pasta gigi dapat memicu radang jerawat lebih parah karena kandungan pemutih dan zat penghilang napas tak sedap. Jika kondisi jerawat yang semakin parah ini dibiarkan, maka dapat memperbesar kemungkinan meninggalkan banyak bekas berlubang di wajah

Baca Juga: Tidak Hanya Wajah, Area Kewanitaan Juga Bisa Alami Penuaan

Jika Anda memiliki jerawat meradang yang tak kunjung reda, pilih perawatan jerawat yang tepat agar wajah tetap halus dan mulus tanpa bekas berlubang. Anda tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter berpengalaman yang tersedia di Privee Clinic.

LATEST POST