Jerawat di Punggung Apa Penyebabnya? Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

by

Pernahkah mengalami jerawat punggung? Jerawat jenis ini merupakan jerawat yang tumbuh atau muncul di area punggung.

Jadi, jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah saja, namun juga di area tubuh lainnya dan salah satunya adalah di punggung. Namun, tahukah Anda apa saja yang menjadi penyebab jerawat jenis ini?

Baca Juga: Mencerahkan Bibir Gelap Agar Lebih Percaya Diri

Apa yang Menyebabkan Jerawat Tumbuh di Punggung?

Munculnya jerawat di punggung tentu sangat mengganggu, karena dijamin mengurangi rasa nyaman. Terutama saat tidur yang tentu tidak memungkinkan untuk mengambil posisi telentang.  Ternyata disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah:

  • Kurang menjaga kebersihan tubuh, sehingga ada penyumbatan keringat dan kotoran di punggung yang kemudian berakhir menjadi jerawat.
  • Menggunakan produk perawatan tubuh yang kandungannya memicu kemunculan, bisa dari sabun mandi maupun produk jenis lainnya.
  • Gesekan antara kulit punggung dengan bahan pada pakaian, terutama saat terbiasa memakai pakaian yang terlalu ketat.
  • Mengalami ketidakstabilan hormon, sehingga memperbesar kemungkinan jerawat muncul di punggung.
  • Mengalami stres yang bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hormon
  • Disebabkan oleh faktor genetik, sehingga faktor pemicu yang dibawa sejak lahir.

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung

Melalui penjelasan diatas maka bisa diketahui bahwa penyebab jerawat di punggung cukup banyak. Sebagai pencegahan, bisa menghindari penyebab tersebut. Namun jika sudah terlanjur muncul, maka jangan hanya dibiarkan saja. Lakukan beberapa tips berikut untuk menghilangkannya:

1. Memperhatikan Kebersihan Tubuh

Jerawat di area punggung paling sering disebabkan oleh adanya penyumbatan pori-pori oleh keringat maupun kotoran. Sehingga jerawat jenis ini bisa diatasi secara alami dengan menjaga kebersihan tubuh. Misalnya mandi secara teratur dan selalu memakai pakaian yang bersih setelah mandi.

Tidak ada salahnya memilih sabun yang mengandung antibakteri atau antiseptik. Sehingga membantu mengatasi bakteri penyebab selama dipakai mandi secara rutin. Semakin teliti menjaga kebersihan tubuh semakin mudah untuk menghilangkan jerawat di punggung.

2. Selalu Memakai Pakaian Longgar

Kebiasaan memakai baju dengan ukuran pas atau malah cenderung ketat akan meningkatkan resiko terjadi jerawat di punggung. Jika memaksakan diri tetap memakainya maka jerawat akan bertambah banyak dan semakin parah akibat gesekan. Oleh sebab itu untuk mengatasinya silahkan mulai membiasakan diri memakai pakaian yang longgar untuk meminimalkan gesekan.

3. Menjaga Pola Makan Sehat

Pola makan ternyata sangat mempengaruhi kestabilan hormon di dalam tubuh. Sehingga untuk Anda yang memiliki jerawat punggung dan disebabkan oleh faktor hormonal. Ada baiknya untuk memperbaiki pola makan agar lebih sehat dan kaya nutrisi.

Selain itu, pola makan sehat akan meminimalkan asupan makanan pedas dan tinggi lemak. Keduanya diketahui meningkatkan produksi minyak atau keringat yang kemudian menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu perbaikan pada pola makan menjadi hal penting untuk dilakukan.

4. Dikompres dengan Air Hangat

Jerawat di punggung yang meradang bisa diatasi dengan mengompres memakai air hangat. Cara ini akan membantu mengecilkan pori-pori sekaligus meredakan jerawat yang meradang tadi sehingga cepat kering. Kompres sendiri bisa memakai kain bersih bisa pula memakai kapas maupun kain handuk.

5. Mengaplikasikan Bahan Alami Tertentu

Opsional lain untuk mengatasi jerawat di area punggung adalah dengan mengaplikasikan beberapa bahan alami. Pilihannya sangat banyak karena sejumlah bahan alami mengandung zat antibakteri dan antiseptik. Paling jamak dipilih adalah tea tree oil atau minyak dari daun teh, jika susah didapat bisa diganti dengan lidah buaya. Cukup diaplikasikan dan dalam beberapa hari maka akan reda.

Baca Juga: Ingin Ketiak Glowing Agar Liburan Lebih Pede? Cara Memutihkan Ketiak

Anda dapat memilih Privee Clinic sebagai klinik yang terpercaya untuk menghilangkan masalah jerawat punggung Anda. Privee Clinic telah medapatkan sertifikasi dan ditangani oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Segera lakukan reservasi dan konsultasi gratis di sini.

LATEST POST